Jombang, 20 Juni 2022. Kesempatan terkadang tidak datang dua kali. Itu mungkin yang dialami oleh tim banjari MAN 5 Jombang yang hari ini berkesempatan untuk berpartisipasi dalam pembukaan liga santri piala Kasad 2022. MAN 5 Jombang yang letaknya paling jauh dari Jombang kota ikut diundang untuk berpartisipasi dalam event ini.

Bertempat di pusat kota, tepatnya Stadion Merdeka Jombang, mulai hari Rabu tanggal 15 Juni sampai tanggal 18 Juni tiap pagi jam 07.00 -16.30 seluruh peserta kirab melakukan latihan bersama tim banjari dari madrasah dan pondok pesantren lain yang ada di Kabupaten Jombang. Kurang lebih 250 siswa dari 5 Madrasah di Jombang (MAN 1 Jombang, MAN 3 Jombang, MAN 4 Jombang, MAN 5 Jombang dan MAN 8 Jombang) dan beberapa pondok pesantren di wilayah Jombang terlibat dalam tim banjari bersama dengan lebih dari seribu tentara dan polisi dari seluruh wilayah Jawa Timur. Hari ini, Senin tanggal 20 Juli 2022 tepat pukul 13.00 acara pembukaan Liga Santri 2022 resmi dilaksanakan dengan dibuka oleh tampilan banjari kolosal yang dipimpin oleh Mas Nanang, seorang tentara dari Semarang yang melantunkan 3 lagu sholawat yang indah bersama dengan 16 tentara dan 9 santri vokal dari pondok pesantren dan madrasah di Jombang. “Alhamdulillah,  dua siswa kita lolos seleksi masuk tim vokal atas nama Ilham dan Rohman dari kelas X”, tutur Kiswati, M.Pd., Waka Kesiswaan MAN 5 Jombang. Atraksi drum band dari SMAN 5 Taruna Kediri dan Akademi Militer Magelang turut memeriahkan acara pembukaan liga santri ini. Disusul dengan atraksi para motor dan terjun bebas dari 25 tentara yang sudah punya rekam jejak terjun minimal 500 kali.

Setelah semua atraksi selesai, liga santri resmi dibuka oleh bapak KASAD RI. Jendral TNI Dudung Abdurrachman dan ditandai dengan pertandingan perdana dari Tim Pondok Pesantren Tebuireng melawan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas yang dibuka oleh bapak Kasad bersama Gubernur Jawa Timur, ibu Khofifah Indarparawangsa. Semoga event liga santri ini menjadi pijakan awal bersinarnya pondok pesantren dan madrasah di bumi nusantara ini. (Humas MAN 5 Jombang)

Leave a Comment